PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus terhadap Problematika Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Pontianak)

Besse Wahida

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan problematika seputar metodologi pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pontianak. Paradigma penelitian yang digunakan adalah post positivisme dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data terdiri dari; data primer yaitu dosen bahasa Arab dan mahasiswa FUAD IAIN Pontianak, dan data sekunder berupa dokumen-dokumen pendukung. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teori Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Adapun hasil penelitian ini yaitu: Metodologi pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pontianak terdiri dari tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kompetensi dosen, mahasiswa, metode pembelajaran, alokasi waktu, dan sarana dan media pembelajaran belum semuanya optimal, padahal semuanya saling terkait satu sama lainnya dalam menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran bahasa Arab di IAIN Pontianak.

Problem metodologi pembelajaran bahasa Arab terkait dengan mahasiswa terdiri dari latar belakang mahasiswa yang heterogen, motivasi belajar bahasa Arab yang rendah, kurangnya feedback dari mahasiswa. Problem terkait dengan dosen yaitu kurangnya penggunaan sarana dan media di kalangan dosen bahasa Arab. Problem terkait metode pembelajaran terdiri dari kurang tepatnya metode yang digunakan, kurangnya variasi metode dalam pembelajaran. Sementar problem terkait waktu dan sarana atau media yaitu alokasi waktu yang minim dan terkadang kurang kondusif, serta sarana dan fasilitas yang kurang memadai.

Adapun upaya untuk mengatasi problematika tersebut, terdiri dari: upaya terkait mahasiswa yaitu: 1) upaya identfikasi dan klasifikasi kemampuan siswa melalui pretest, 2) membentuk kelompok belajar sebagai tutor sebaya pada setiap kelompok, 3) memberi motivasi kepada siswa sebelum dan sesudah pelajaran, 4) Melakukan teknik brainstorming pada setiap awal perkuliahan, 5) melaksanakan kegiatan matrikulasi khusus mahasiswa yang berasal dari sekolah umum. Upaya terkait dengan problematika dosen dan metode, alokasi waktu dan sarana dan media pembelajarannya meliputi: 1) menyiapkan media pembelajaran meskipun masih dalam bentuk power point, 2) mengusulkan untuk pengadaan speaker di setiap ruangan untuk keterampilan menyimak, 3) membawa mahasiswa belajar outdoor. 4) dosen memperbanyak referensi tentang buku-buku metode pembelajaran bahasa Arab, 5) mengikuti diklat atau pelatihan-pelatihan metode pembelajaran. 6) upaya koordinasi dengan pusat bahasa, 2) dosen menyusun buku teks bahasa Arab untuk pegangan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab, 3) pengadaan buku teks bahasa Arab gratis bagi mahasiswa.

 

Kata kunci: bahasa Arab; metodologi; pembelajaran; problematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah

 Alamat: Jl. Gusti Sulung Lelanang No. 2 Mempawah, Kalimantan Barat, Indonesia 78951.

Telp. +62 857 4156 1121.