Peranan Guru Al-Quran Hadist Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Terhadap Siswa MTs. Negeri Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah

Ismail Ismail

Abstract


Penelitian ini  dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah yang mana di Madrasah tersebut siswanya masih jauh dari harapan dalam membaca Al-qur’an. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya siswa yang kesulitan dalam membaca Al-qur’an meskipun sudah ada peranan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an terhadap siswa di Madrasah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam tentang peranan guru Al-quran hadist, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an terhadap siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Tsanawiyah Negeri Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif dan metode penentuan subyek penelitiannya menggunakan purposive. Pengumpulan data dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif  analitik, yaitu memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Peran guru Al-quran Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran terhadap siswa MTs.Negeri Mempawah Hilir ini, adalah mendidik, membimbing, serta menilai dalam proses belajar mengajar.Selain itu Agar anak mahir dalam membaca al-qur’an serta mengetahui dan faham tentang makharijul huruf serta hukum bacaan dalam Al-quran dengan baik dan benar. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru Al-quran hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran terhadap siswa MTs. Negeri Mempawah Hilir ini adalah. (a) Faktor pendukung yaitu: penerapan hafalan surah-surah pendek serta membiasakan membaca Al-quran bersama-sama sebelum memulai mata pembelajaran khusunyan  mata pelajaran Al-quran hadist. (b) Faktor penghambat adalah, masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam membaca Al-quran, Lingkungan keluarga, pergaulan dan media massa sebagai penghambat  siswa

Full Text:

PDF

References


Acep Lim Abdurrahman, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, Bandung: Ikatan Penerbit Indonesia, 2002.

Ananda Santoso dan S. Priyanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika, 1995.

Arifin, Psikologi Dakwah Suatu Pengantar, Jakarta: Bulan Bintang, 1977.

Chabib Thoha dkk, Metodelogi Pengajaran Agama, Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2004.

FJ Maks A.MP. Knois, Siti Rahayu Haditono, Psykologi Perkembangan. Pengantar dalam Berbagai Bagaiannya Yokyakarta : Gajah Mada University Press, 2002.

Hanafi, Pelajaran Tajwid Praktis, Jakarta: Bintang Indonesia, 1992.

Henry Guntur Tarigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung:Angkasa 1991.

Hernowo, Quantum Reading, Bandung: MLC, 2005.

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional, Yogyakarta: Ar-ruzmedia, 2016.

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Nawawi, metode penelitian bidang sosial, Yogyakarta:Gajah Mada, 1995.

Oemar Hamalik, Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju, 1989.

Ramayus, Metode Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Seksi Mapeda, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Iaslam Di Madrasah Tsanawiyah, Kantor Departemen Agama: Kabupaten Sleman

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. II, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Surabaya: Kesindo Utama, 2006.

W.J.S Poerwadarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah

 Alamat: Jl. Gusti Sulung Lelanang No. 2 Mempawah, Kalimantan Barat, Indonesia 78951.

Telp. +62 857 4156 1121.