Studi Pendidikan Kepribadian Pada Penganut Thariqah Naqsyabandiyah di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang

kholilurrahim kholilurrahin

Abstract


Abstrak

Pendidikan merupakan kegiatan pemikiran yang mantap yang menjadikannya cara menyelenggarakan penyelarasan dan pengintegrasian prosa pendidikan. Pendidikan dapat menjelaskan nilai pernyataan yang dicari untuk pengakuan manusia merupakan faktor integral. Kepribadian merupakan hasil dari kesetiaan antara dunia dan realitas internal manusia (yang BERTINDAK atas nafsu biologis) dengan kepribadian eksternal akan tegak jika manusia berhasil menjaga dialog antara dunia internal dan dunia luar berjalan lancar, sehingga manusia dapat memuaskan keinginannya dengan memuaskan Tampa terhadap kenyataan. Tarinsulasi berasal dari bahasa arab yaitu thariqah yang berarti jalan, keadaan, alur, atau garis pada sesuatu. Thariqah adalah jalan yang ditempuh oleh para sufi dan dapat dikatakan sebagai jalan yang memulai syitarianisme, karena jalan utama itu disebut shara'. dan anak jalanan disebut thariq. Penelitian ini bertujuan untuk mencirikan dan menggali: 1) bagaimana pendidikan kepribadian yang akan dilakukan pada thaiqah naqsyabdniayah di desa (miskin) bagaimana strategi pendidikan personalisasi diterapkan terhadap thaiqah naqsyabdniayah di desa retribusi.

?


Full Text:

PDF

References


Alwisol, 2014. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Arifin, Zainal, 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arifin, Imam Setiadi, 2011. Dinamika Kepribaadia. Bandung: PT Refika Aditama

Arikunto, Suharsimin, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rinika Cipta.

Aceh, Abubakar, 1992. Pengantar Ilmu Tarekat (Urain Tentang Mistik). Malang: CV. Ramadhani

Depertemen Agama RI. 2005. ?Al-Qur?an dan Terjemahanny. Bandung: Jamiatul ?Ali-Art (J-Art)

Mulayati, Sri, 2016. Tarekat-Tarekat Muktabaroh di Indonisia. Jakarat: Kencana

Mustofa, 2014. Akhlak Tasawuf. BandungL CV Pustaka Setia

Moleong, J. Lexy, 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, Faruq, dkk. 2005. Al-Qur?an Terjemahan Indonisia. Jakarta: PT Sari Agung

Sa?ud, Syaefudin, 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv

Syakur, Amin, 2014. Tasawuf Kontekstal. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suryabrata, Sumadi, 2013. Psikologi Kepribadia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Solihin, Muhammad, dkk. 2014 Ilmu Tasawuf. Bandung: CV Pusata Setia.

Sugiono, 2011. Metode penelitian pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R & D.Bandung: penerbit Alfabeta.

Satori, Djam?an, dkk, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaefudin Sa?od, Udin. 2011. Inovasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Yusuf Syamsu, dkk. 2013. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tirtarahardja, Umar. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Renika Cipta.

Taimiyah, Ibnu, 1972 M. Madarijus salikin baina iyyakana?budu wa iyyakanasta?in. Lebanon: Dar kitab arabi.

Buchory, Mustangin, (06 Juni 2015). Thariqah. http// blogspot.co.id.

Aziz, (16 januari 2014). Tarekat dalam ilmu tasawuf. http// blogspot.co.id.

Said Riky (05 Agustus 2015). Jalur pendidikan formal nonformal. http://www.contohmakalah28.com

Siti Atia, (09 September 2012). Pendidikan Informal. https://sitiativa.wordpress.com

Hariyanto, (5 February 2012). Pengertian pendidikan menurut ahli. http://belajarpsikologi.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.