Designing Media-Based Learning Model for The First Semester University Students at Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah (STAIM)

Authors

  • Dofir Dofir STAI Mempawah

Keywords:

Media, learning model, scientific approach

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan, kelebihan dan keterbatasan model Media-Based Learning (MBL) pada mahasiswa semester I di STAI Mempawah.

Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dan pengembangan (R&D), studi pendahuluan dan pengembangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas dan analisis dokumen. divalidasi dengan member checking dan triangulasi, serta dianalisis menggunakan model analisis data kualitatif Miles dan Huberman (2014). Model MBL yang dikembangkan divalidasi melalui diskusi kolaboratif dan penilaian ahli internal maupun eksternal.

Model tersebut meliputi kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, kegiatan belajar mengajar, penilaian dan media. Materinya terutama terkait dengan Media. Tahapan MBL meliputi spekulasi, perancangan kegiatan proyek, pelaksanaan kegiatan proyek dan evaluasi. Tugas individu, lembar laporan proyek dan rubrik proyek adalah alat penilaian. Model mempromosikan peningkatan siswa dalam bahasa dan keterampilan kerja. Namun, model tersebut memiliki keterbatasan yang berkaitan dengan kebutuhan waktu yang cukup lama untuk melakukan dan mengelola proyek dan ketidaksesuaiannya untuk topik atau bidang studi lain.

Downloads

Published

03/17/2022

How to Cite

Dofir, D. (2022). Designing Media-Based Learning Model for The First Semester University Students at Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah (STAIM). Al-Astar, 1(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.staimempawah.ac.id/index.php/alastar/article/view/7

Issue

Section

Articles